Jangan berjalan di depan ku; Aku mungkin tidak mengikuti...Jangan berjalan di belakang ku; Aku mungkin tidak memimpin...Berjalanlah disampingku dan jadilah teman ku.,,,

8 Mar 2010

Bermimpilah!

Kisah Inspiratif Soichiro Honda

Soichiro Honda adalah salah satu contoh pribadi sukses yang menghasilkan perusahaan besar. Perusahaan Honda dimulai dengan keputusan dan hasrat yang bergelora untuk mendapatkan hasil.

Semua berawal pada tahun 1938, ketika ia mengumpulkan semua harta miliknya untuk diinventariskan pada bengkel kerja di mana ia memulai konsep “piston ring”. Ia berharap bisa menjual ke Toyota, sehingga ia berusaha keras termasuk menginap di bengkel kerjanya dengan keyakinan ia dapat berhasil. Ia bahkan harus menggadaikan perhiasan istrinya agar bisa tetap melanjutkan usahanya.

Ketika “piston ring” sudah selesai dan membawanya ke Toyota. Produknya di tolak karena dianggap tidak memenuhi standar. Ia kemudian kembali ke sekolah, ketika ia menceritakan temuannya, ia ditertawakan guru dan teman sekolahnya.

Ketimbang bersedih dengan kegagalan dan ejekan, Honda fokus pada sasarannya untuk mencapai target. Setelah dua tahun ia akhirnya berhasil. Toyota membeli hasilnya. Pemerintah Jepang yang terlibat dalam kancah perang menolak menjual material untuk pembangunan pabrik, ia tetap tak mau menyerah, ia malah membuat pabrik pembuatan lalu membangun pabriknya.

Seusai perang ketika terjadi krisis bahan bakar di Cina, Honda bahkan tidak mampu membayar bahan bakar. Dalam keadaan putus asa ia menempel mesin pada sepedanya. Orang-orang melihatnya kagum dan meminta agar mereka juga dibuatkan sepeda motor. Akhirnya mesinnya habis.

Ia akan memproduksi mesin tapi modalnya habis. Ia mengambil keputusan untuk mengajak 18.000 penjual sepeda di jepang. Ia menjelaskan bagaimana penemuannya bisa merevitalisasi perekonomian Jepang. Ia berhasil meyakinkan 5000 dari mereka.

Untuk membayar di muka modal yang diperlukan. Ia memproduksi dan terus meningkatkan kualitas produksi. Ia berhasil, sekarang ini perusahaan Honda sudah memiliki 100.000 pegawai. Memproduksi bukan hanya sepeda motor tapi juga mobil. Ia berhasil di Jepang dan mengalahkan semua mobil, kecuali Toyota milik Amerika Serikat.

Sukses Soichiro Honda disebabkan oleh kekuatan impian, pengambilan keputusan dan kegigihan untuk berjuang apapun yang terjadi.





Impian dan imajinasilah yang membuat Honda berhasil. Pesan Albert Einstein : “Imajinasi lebih penting daripada pengetahuan”.



Dikutip dari : Buku MHMMD (Mengelola Hidup dan Merencanaka Masa Depan)
Kami Asli Blogger Indonesia